Catwidget3

Monday, January 13, 2014

Penyebab batuk berdahak

obat-batuk-berdahak
Batuk bisa menerjang siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa. Penyebab batuk berdahak seringkali disebabkan oleh permasalahan pada saluran napas atas. Ada banyak kemungkinan hal yang menyebabkan batuk berdahak. diantaranya sebagai berikut :

1. Inflamasi atau peradangan sangat dominan menimbulkan batuk baik yang berdahak maupun batuk tidak berdahak.

2. Infeksi saluran napas atas yang mungkin disebabkan oleh bakteri maupun virus. batuk Sinusitis, Bronkitis, dan TBC adalah penyakit yang sering menyebabkan batuk produktif yang membandel. Apabila batuk TBC sudah pasti dapat dieliminasi, biasanya dokter akan berusaha mencari penyebab lain dari infeksi tersebut.

3. Asap rokok, kendaraan bermotor dan polusi juga dapat menyebabkan batuk yang membandel. Satu satu cara pencegahannya adalah dengan berhenti merokok dan sedapat mungkin menjauhkan asap dari rumah, misalnya membuat pentilasi yang banyak atau bisa juga dengan cara memasang exhaust.

4. COPD yang memburuk dengan komplikasi juga dapat menyebabkan batuk.

5. Disebabkan oleh pilek yang berlebihan dan atau asam lambung yang naik, walaupun hal tersebut jarang terjadi, namun bisa menyebabkan batuk berdahak yang membandel.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menghindari semua penyebab batuk tersebut seperti debu, asap rokok, asap kendaraan bermotor dengan cara memakai masker. Untuk mendapatkan pengobatan yang optimal adalah dengan melakukan kombinasi obat dan melakukan pencegahan.

0 comments:

Post a Comment